Apa Itu Kanker Laring?


Kanker laring berkembang ketika sel-sel kanker terbentuk di jaringan laring, atau kotak suara. Ini adalah salah satu jenis kanker kepala dan leher yang paling umum, memengaruhi sekitar 13.430 orang dewasa di AS setiap tahun. Pria hampir empat kali lebih mungkin didiagnosis terkena penyakit itu daripada wanita.

Gejala
Anda mungkin sakit tenggorokan atau batuk yang tidak kunjung sembuh. Anda bisa merasakan sakit telinga, kesulitan menelan, atau melihat benjolan di leher atau tenggorokan Anda. Suara Anda mungkin menjadi serak.

Temui dokter Anda jika Anda memiliki gejala-gejala ini. Anda bisa menderita kanker laring, atau kondisi lain dengan gejala yang sama.

Siapa yang Mungkin Mendapatkannya?
Kanker laring lebih sering terjadi pada orang Afrika-Amerika dan kulit putih daripada ras lain. Lebih dari setengah dari mereka yang didiagnosis dengan penyakit ini berusia 65 atau lebih.

Artria Hal-hal lain yang meningkatkan risiko Anda termasuk merokok, penggunaan alkohol sedang hingga berat, makan makanan yang buruk, dan bekerja di lingkungan di mana Anda terpapar asap dan bahan kimia berbahaya untuk jangka waktu yang lama.

Paparan perokok pasif dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker laring.

Bagaimana cara mendiagnosisnya?
Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. Dia akan memeriksa tenggorokan dan leher Anda untuk hal-hal yang tidak terlihat benar, seperti pembengkakan kelenjar getah bening. Dia akan melihat bagian dalam mulut Anda, termasuk pipi, bibir, gusi, lidah, dan tenggorokan Anda.

Dia mungkin juga mengambil beberapa sampel jaringan dan melihatnya di bawah mikroskop (biopsi). Untuk melihat lebih dekat, ia dapat memasukkan tabung tipis dengan cahaya dan lensa, yang disebut laringoskop (laringoskopi).

Ada beberapa tes berbeda yang dapat dilakukan, termasuk CT scan, MRI, PET scan, scan tulang, atau sinar-X untuk membantu mengetahui apakah Anda menderita kanker laring.

Pengobatan
Pilihan untuk mengobati kanker laring sangat mirip dengan yang digunakan untuk mengobati jenis kanker lainnya - radiasi, kemoterapi, dan pembedahan.

Radiasi menggunakan sinar-X berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Bergantung pada seberapa jauh kanker Anda telah menyebar, dokter Anda dapat mengirimkan radiasi secara eksternal (dari luar tubuh Anda), atau ia mungkin menggunakan jarum, kawat, atau kateter untuk memasangnya di dekat laring Anda.

Kemoterapi (“Kemo”) menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker atau menghentikannya membelah diri. Anda dapat minum obat ini melalui mulut. Dokter Anda mungkin juga memberikannya kepada Anda melalui infus.

Pembedahan mungkin juga menjadi pilihan untuk mengobati kanker laring. Sekali lagi, tergantung pada bagian mana dari kotak suara Anda yang terpengaruh dan seberapa jauh kanker telah menyebar, dokter bedah Anda dapat menghilangkan pita suara Anda atau bagian dari laring. Dalam beberapa kasus, ia mungkin harus menghapus seluruh kotak suara Anda. Tujuan operasi adalah untuk menghilangkan kanker tetapi mempertahankan kemampuan Anda untuk berbicara.

Kanker laring sering dapat disembuhkan jika ditemukan lebih awal. Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki gejala.

Subscribe to receive free email updates: