apa itu penyakit rakitis


Rakhitis adalah gangguan langka yang menyerang tulang, menyebabkan tulang menjadi lunak dan mudah patah. Ini paling sering terjadi pada anak-anak.

Apa saja gejala rakhitis?
Rakhitis memiliki beberapa gejala utama, termasuk:

  • pertumbuhan tertunda
  • kelemahan otot
  • nyeri pada tulang belakang, panggul, dan kaki
  • membungkuk (melengkung) atau kaki cacat.
  • Rakhitis juga dapat menyebabkan masalah gigi, seperti gigi berlubang dan masalah dengan struktur gigi.

Apa penyebab rakitis?
Kekurangan vitamin D menyebabkan sebagian besar kasus rakhitis. Vitamin D membantu tulang menyerap kalsium dan fosfor. Jika anak Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D, tubuh mereka mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat tulang kuat.

Rakhitis paling umum terjadi pada anak usia 6 hingga 24 bulan. Ini karena tulang mereka tumbuh dengan cepat selama periode ini. Anak Anda juga mungkin berisiko jika:

Kulitnya gelap.
Jangan sampai terkena sinar matahari dengan cukup.
Jangan makan cukup makanan yang mengandung vitamin D, kalsium, atau fosfor.
Menyusui tanpa mendapatkan suplemen vitamin D.
Memiliki penyakit yang mencegah tubuh mereka dari membuat atau menyerap vitamin D. Salah satu contoh adalah penyakit celiac.
Becak juga dapat berjalan dalam keluarga, dan anak-anak dapat mewarisinya.

Bagaimana rakhitis didiagnosis?
Dokter Anda akan bertanya tentang riwayat kesehatan keluarga Anda dan kesehatan serta diet anak Anda. Anak Anda akan memerlukan pemeriksaan fisik lengkap. Tes darah dan rontgen tulang juga membantu dokter menentukan apakah anak Anda menderita rakhitis.

Bisakah rakhitis dicegah atau dihindari?
Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat membantu mencegah anak Anda dari rakitis. Pastikan mereka mendapat cukup vitamin D dan kalsium. Jika bayi Anda disusui atau mengonsumsi lebih banyak ASI daripada susu formula, mereka membutuhkan suplemen vitamin D. Ini karena ASI tidak mengandung cukup vitamin D saja. Jangan berikan anak Anda suplemen vitamin kecuali dokter Anda menganjurkannya. Tanyakan kepada dokter Anda untuk informasi dosis.

Jika anak Anda makan makanan padat, Anda harus mengatur pola makan mereka. Tawarkan makanan yang mengandung vitamin D tinggi, seperti sereal sarapan dan jus jeruk, dan kalsium, seperti susu, keju, dan salad sayuran.

Tanyakan kepada dokter Anda berapa banyak waktu di bawah sinar matahari yang aman untuk anak Anda. Ingatlah bahwa bayi dan bayi membutuhkan perlindungan dari sinar matahari langsung.

Pengobatan
Perawatan tergantung pada jenis rakhitis yang dimiliki anak Anda. Untuk anak-anak yang kekurangan nutrisi, dokter akan meresepkan suplemen vitamin D dan kalsium. Rasa sakit dan kelemahan otot anak Anda akan membaik dalam beberapa minggu. Jika anak Anda memiliki cacat tulang yang disebabkan oleh rakhitis, mereka mungkin perlu kawat gigi atau pembedahan untuk memperbaiki masalahnya.

Untuk anak-anak yang mewarisi rakhitis atau memiliki penyakit yang menyebabkan rakhitis, Anda mungkin perlu mengunjungi spesialis.

Hidup dengan rakhitis
Sebagian besar kasus rakhitis hilang begitu anak Anda mendapat cukup vitamin D. Mungkin ada efek atau cacat yang bertahan lama yang membutuhkan perawatan lebih lanjut, seperti kawat gigi atau pembedahan. Anak Anda mungkin memerlukan terapi sebagai hasilnya. Ada kemungkinan bahwa anak Anda mungkin memerlukan diet ketat agar tetap sehat.

Kunjungi juga:



Subscribe to receive free email updates: